Sungai Cokel, Labuan Cermin-nya Pacitan

Sungai_Cokel_Pacitan

Kota Pacitan, Jawa Timur sangat terkenal dengan wisata pantai dan goa. Bahkan, kota ini terkenal dengan julukan kota 1001 goa. Namun, tak hanya khas dengan kedua wisata alam tersebut, kota ini juga memiliki wisata alam lainnya berupa sungai.

Salah satu sungai yang kerap diminati wisatawan asing dan domestik untuk dijadikan tempat bertualang adalah sungai Maron. Bahkan sungai ini sudah sangat dikenal sebagai Amazon Pacitan.

Selain sungai Maron yang indah, kota ini juga memiliki Sungai Cokel. Letaknya tak jauh dari Pantai Watu Karung, tepatnya di Desa Watu Karung, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan.

Jarak kota Pacitan dan Sungai Cokel hanyalah sejauh 25 Km. Tempat ini bisa dicapai dengan kendaraan roda dua ataupun roda empat dengan waktu tempuh sekitar 1 jam.

Kamu bisa langsung mendatangi Pantai Watu Karung melalui jalan beraspal dengan mengikuti petunjuk Pantai Seruni dan Kali Cokel. Tak jauh dari sana, Kamu akan mulai melihat aliran sungai ini.

Air di Sungai Cokel sungguhlah jernih. Bahkan dari kejauhan, warna hijau jernihnya sudah bisa terlihat. Uniknya, warna air di sungai ini tetap sama sepanjang tahun. Meskipun sedang memasuki musim penghujan, air di sungai ini dipastikan tidak akan keruh. Maka tak salah bila banyak yang menyebutnya sebagai Labuan Cermin-nya Pacitan!

Hal ini disebabkan air Sungai Cokel yang memang berasal dari tanah, yang merupakan tembusan dari Luweng Jaran di Kecamatan Pringkuku.

Sungai Cokel merupakan sungai yang bermuara ke Pantai Watu Karung. Kamu bisa menyusurinya dengan menggunakan perahu dayung yang disewakan di ujung sungai. Rentetan pohon kelapa nan hijau juga ikut mewarnai pandangan Kamu saat menyusuri sungai ini.

Nah, jika Kamu menginginkan aktivitas yang lebih menantang, Kamu bisa menyusuri sungai dengan Stand-up Paddle Board (SUP), lengkap dengan alat dayungnya. Kamu bisa menaiki alat ini dan mendayung menyusuri sungai. Meski tidak menjamin keselamatan, namun cara ini bisa Kamu coba untuk mendapatkan pengalaman baru saat berwisata ke kota Pacitan.

Selain menyusuri sungai, Kamu juga bisa berjalan di sekitaran jembatan sungai. Sekadar menikmati hembusan angin dan melihat pepohonan hijau juga bisa memberikan pengalaman wisata alam yang tak terlupakan di kota ini.

 

Editor : Ilham Miftahul
Photo by Wijaya Mamad