Pantai Kijingan, Wisata Alam di Pacitan yang Tidak Boleh Dilewatkan

Pantai_Kijingan

Jika Anda bertaya kepada para travelers mengenai wilayah di Jawa Timur yang memiliki banyak wisata alam, mereka biasanya akan menyebutkan nama Pacitan. Lalu, mengapa Pacitan disebut-sebut sebagai kota yang memiliki banyak keindahan alam?

Ternyata, kota yang terletak di ujung barat daya Jawa Timur ini, memiliki banyak tempat wisata yang patut untuk dikunjungi. Saking banyaknya, kabupaten yang satu ini dijuluki sebagai Kota Pariwisata, lo.

Selain julukan tersebut, kota ini juga dikenal sebagai Kota Seribu Gua, karena memiliki banyak gua indah yang bisa dikunjungi.

Selain wisata gua, Pacitan juga memamerkan sederet pantai cantik yang dijamin membuat Anda betah berlama-lama duduk ditepiannya.

Ya, berlama-lama di pantai pada saat musim liburan adalah salah satu hal yang menyenangkan. Salah satu pantai di Pacitan yang layak untuk Anda kunjungi adalah Pantai Kijingan.

Nama pantai ini mungkin terdengar asing bagi beberapa wisatawan. Selain itu, mungkin nama pantai ini akan terdengar cukup seram. Dalam bahasa Jawa, kijing berarti batu nisan. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Tidak ada batu nisan di pantai ini, yang ada hanyalah keindahan yang mampu memikat hati Anda.

Pantai Kijingan terletak di  Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan Jawa Timur. Secara administratif, pantai ini berlokasi di pojok barat perbatasan antara Jawa Timur dan Jawa Tengah. Selain itu, pantai ini juga berbatasan dengan Kabupaten Wonogiri.

Pantai Kijingan layak dimasukkan ke dalam jajaran pantai tercantik di kawasan Jawa Timur karena pantai ini memiliki segudang keistimewaan.

Agar bisa menikmati indahnya pantai ini, Anda bisa menempuh jalan yang sama dengan jalur ke Pantai Banyu Tibo.

Bagi Anda yang memulai perjalanan dari Pacitan kota, Anda bisa menuju ke persimpangan Punung sampai pertigaan Gua Gong. Setelahnya, beloklah ke kanan melewati jalur Pantai Klayar. Jika sudah menemukan perempatan, Anda harus belok kiri dan maju sedikit sampai tiba di Desa Widoro. Selanjutnya, Anda tinggal mengikuti petunjuk papan penunjuk arah yang akan mengantarkan Anda ke Pantai Banyu Tibo.

Jika Anda sudah sampai di Pantai Banyu Tibo, Anda masih harus berjalan kaki ke arah barat untuk menyaksikan keanggunan Pantai Kijingan.

Di sini, keberanian Anda akan sedikit diuji, karena Anda harus melintasi jalan setapak yang berada di atas tebing sempit nan curam.

Perjalanan ini memakan waktu sekitar 30 menit. Lintasannya sengaja dibuat warga untuk mempermudah pengunjung yang akan berwisata ke Pantai Kijingan. Di sepanjang perjalanan, Anda akan digoda oleh gulungan ombak yang memecah birunya air laut serta hamparan pasir putih.

Para wisatawan dituntut untuk bersabar ketika melintasi jalan yang terbilang menantang ini.

Bagi Anda yang menyempatkan singgah ke Pantai Kijingan saat musim hujan, Anda wajib berhati-hati. Jalanan yang licin bisa saja membuat Anda tergelincir.

Namun, tidak ada perjalanan yang sia-sia. Sesampainya di Pantai Kijingan, Anda akan dimanjakan oleh indahnya pemandangan alam yang masih asri.

Salah satu kelebihan yang dimiliki Pantai Kijingan adalah padang rumput yang mengelilingi bukit hijau yang bisa menyegarkan mata dan pikiran Anda.

Untuk Anda yang suka memburu sunrise, Anda bisa melakukan kamping di area pantai ini. Tak jauh dari sabana yang menghijau, terdapat aliran sungai yang airnya bersih, sehingga bisa dimanfaatkan untuk keperluan bermalam Anda. Namun, selama melakukan kamping atau berlibur di pantai ini, Anda wajib menjaga kebersihan lingkungan tersebut.

Nah, apakah Anda tertantang untuk menyusuri indahnya Pantai Kijingan? Sempatkanlah untuk berlibur di pantai ini jika Anda sedang di Pacitan, ya.