Pantai Banyu Tibo, Paduan Sempurna antara Pantai dan Air Terjun

Banyu_Tibo_Pacitan

Jika musim liburan datang, umumnya para wisatawan merencanakan pergi ke pantai atau gunung untuk menyegarkan pikiran. Apakah Anda ingin menikmati pantai dengan suasana yang berbeda? Nah, cobalah untuk menyambangi  Pantai Banyu Tibo yang berada di Pacitan.

Pantai ini tergolong masih baru. Namun, keunikan pantai di Pacitan ini, bisa jadi akan membuat Anda ketagihan dan ingin kembali lagi ke sini.

Memangnya, apa yang membuat pantai ini begitu istimewa?

Ternyata, pantai ini menawarkan pesona sebuah pantai yang dilengkapi dengan air terjun. Hanya dengan berlibur ke satu tempat, Anda bisa menikmati dua wisata air sekaligus. Paket wisata yang luar biasa, bukan?

Pantai Banyu Tibo yang menawan ini terletak di Widoro, Donorojo, Pacitan. Nama pantai ini mulai terkenal ke berbagai wilayah karena keindahan dan keunikannya jarang ditemukan di pantai lain.

Di pantai ini, Anda bisa menikmati indahnya lautan biru dengan pantai yang jernih, hamparan pasir putih, embusan angin yang menerpa tubuh Anda, dan udara yang segar.

Selain itu, di Pantai Banyu Tibo ini Anda bisa menemukan air terjun yang jatuh dari tebing. Air terjun inilah yang menjadi ide penamaan Pantai Banyu Tibo.

Dalam bahasa Jawa, banyu berarti air, dan tibo berarti jatuh. Banyu tibo bisa diartikan sebagai air yang jatuh. Nama pantai ini cocok dengan apa yang disuguhkannya, bukan?

Sumber air terjun di kawasan ini berasal dari sebuah sungai bawah tanah di sekitar pegunungan karst. Airnya tawar dan dikenal tidak pernah mengering sepanjang tahun, bahkan saat musim kemarau tiba.  Oleh sebab itu, air terjun ini bisa dinikmati keindahan dan kesegarannya kapan saja.

Area berpasir Pantai Banyu Tibo sebenarnya tidak terlalu luas. Namun, area tersebut dikelilingi oleh perbukitan karst dan batu-batu karang, serta ditumbuhi oleh tumbuhan hijau yang menyegarkan mata.

Jika air laut sedang pasang, Anda mungkin tidak akan bisa bermain-main di sana, karena terlalu berbahaya bagi keselamatan Anda .

Namun jangan khawatir, Anda tetap bisa menikmati keindahan pantai dan lautan lepas dari atas tebing. Di sana, Anda masih bisa bermain-main dengan air terjun yang mengalir, karena letaknya tidak terlalu tinggi.

Ada banyak hal yang bis dilakukan di salah satu objek wisata pantai di Pacitan ini. Mulai dari bermain pasir, bermain air di pantai yang jernih, atau berbasah-basah ria di air terjun yang mengalir deras di bibir pantai.

Bagi Anda penggemar fotografi, jangan lupa untuk mengabadikan setiap jengkal keindahan alami di Pantai Banyu Tibo ini dan menjadikannya objek foto yang bernilai tinggi.

Beberapa area di pantai ini juga sering dijadikan sebagai area untuk rockfishing. Jadi, bagi Anda yang suka memancing, tak ada salahnya mencoba peruntungan di sini.

Meski masih tergolong baru, pantai Banyu Tibo sudah memiliki beberapa fasilitas penunjang yang bisa membuat Anda merasa nyaman berada di sini, termasuk tempat peristirahatan dan kamar mandi untuk Anda membersihkan diri setelah selasai bermain di Pantai.

Di pantai ini tersedia juga beberapa warung sederhana yang menjajakan makanan dan minuman. Jadi, tidak perlu merasa khawatir atau ragu untuk menjadikan Pantai Banyu Tibo sebagai destinasi wisata untuk mengisi liburan Anda.

Keindahan alam tidak akan bertahan jika kita tidak berperan serta dalam menjaga dan melestarikannya. Jadi, saat berkunjung ke Pantai Banyu Tibo nanti, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan bersikap ramah terhadap lingkungannya, ya.

Photo by Rebbecadjoan