Nikmati Pasir dan Batu Putih di Pantai Pidakan

Pantai_Pidakan_Pacitan

Jika berkaitan dengan tempat wisata, Kota Pacitan memang tidak ada habisnya. Selain 1001 gua, pantainya juga layak kamu jadikan sebagai salah satu daftar liburan. Pacitan memiliki beberapa pantai yang tidak kalah indah dengan pantaipantai lain yang ada di Indonesia. Salah satunya adalah Pantai Pidakan.

 

Pantai Pidakan terletak di Dusun Godek Kulon, Desa Jetak, Kecamatan Tulakan. Jarak dari Kota Pacitan ke pantai ini adalah sekitar 20 km dan dapat ditempuh selama 20 menit. Sedangakan jika ditempuh dari jalur lintas selatan, jaraknya hanya 2 km. Pantai ini memang lebih dekat ke jalur lintas selatan. Jangan khawatir tersesat karena ada petunjuk arah menuju ke pantai ini.

Pantai ini menyuguhkan hamparan batu putih yang menjadikannya berbeda dengan pantai Pacitan lainnya. Ombak yang tidak terlalu besar akan membuat kamu tertarik untuk bermain air di sini.

Selain itu, ada pula pepohonan kelapa yang menambah suasana pantai semakin indah. Di tepi pantai, terdapat batu karang yang membentuk sebuah goa. Deburan ombak mengarah ke karang yang dihiasi oleh batu-batu besar berbentuk oval. Bagi kamu yang suka foto, bisa nih berburu foto di sini.

Pantai_Pidakan_Pacitan

Pantai biasanya memiliki cuaca panas yang membuat kamu sedikit malas untuk menikmati suasana. Tidak dengan Pantai Padikan ini. Cuacanya tidak terlalu panas dan angin sepoi-sepoi malah membuatmu semakin betah untuk menghabiskan waktu di sana. Tidak heran jika banyak orang yang datang.

Pantai ini memiliki fasilitas pendukung seperti tempat parkir, warung makan, dan kamar mandi.  Kamar mandinya juga cukup bersih. Oh iya, kamu juga bisa mendirikan tenda di sekitar tepi pantai. Menghabiskan waktu sambil memandang deburan ombak di bawah pepohonan kelapa juga cukup bagus untuk menyegarkan pikiran.

Untuk kamu yang sudah memiliki keluarga dan ingin memperkenalkan alam kepada anak, tempat ini bisa menjadi rekomendasi untukmu. Di pantai ini, kamu dapat menemukan bintang laut, landak laut, ikan kembung, dan binatang laut lainnya. Hewan-hewan laut tersebut dapat ditemukan di karang datar, tepatnya di sela-sela karang.

Jika kamu ingin berkunjung, jagalah kebersihan pantai dan ikuti peraturan yang terdapat di sana.

Photo by Rizky Rahma & Nanung Yogi