Pantai Ngiroboyo, Surga Pacitan yang Menawan

Pantai_Ngiroboyo

Photo by @putudidit

Pacitan sudah lama dikenal sebagai destinasi travelling favorit di area Jawa Timur. Pacitan terletak di antara 3 kabupaten, yaitu Ponorogo, Trenggalek, dan Wonogiri. Pada sebelah barat, Pacitan berbatasan dengan Samudera Hindia Selatan.  Pacitan masuk dalam jajaran wilayah potensial di Jawa Timur.

Selain terkenal akan wisata alam berupa gua, kota ini terkenal akan keindahan pantainya. Keeksotisan pantai Pacitan menyuguhkan panorama alam yang dijamin tidak ada duanya. Jika Anda sedang bertandang ke Pacitan, jangan lupa untuk mengunjungi objek-objek wisata alamnya.

Nah, bagi Anda yang menginginkan liburan yang menyenangkan dan merasakan kesejukan pantai, Anda harus datang ke Pantai Ngiroboyo. Pantai Ngiroboyo adalah salah satu pantai yang menarik di Pacitan. Pantai ini menjadi lokasi event dayung yang diselenggarakan oleh pemerintah setempat sebagai event tahunan. Pada perlombaan ini, para peserta akan menyusuri aliran sungai yang bermuara di Sungai Maron.

Embusan angin yang lembut serta ombak yang berdatangan menambah keindahan Pantai Ngiroboyo. Di pantai ini, Anda bisa bersantai sembari menikmati bekal atau jajanan yang Anda beli di sekitar pantai. Namun, Anda pun diimbau untuk menjaga kebersihan pantai dengan tidak meninggalkan sampah apa pun.

Akses menuju pantai ini bisa Anda capai melalui tiga jalur utama. Pertama, Anda bisa mencoba melewati jalur Pantai Watu Karung yang jalannya didominasi oleh tanjakan dan tikungan tajam. Kedua, Anda bisa melintasi jalur Goa Gong, yaitu pertigaan Kecamatan Punung yang letaknya berdekatan dengan SPBU. Ambil rute menuju Gua Gong, kemudian belok kanan mengarah ke Desa Kalak hingga Anda menemui papan bertuliskan Pantai Ngiroboyo. Setelah itu, Anda akan melalui jalan yang sedikit sempit, sehingga Anda harus berhati-hati.

Begitu sampai di Pantai Ngiroboyo, mata Anda akan termanjakan dengan pemandangan alam yang menawan. Untuk menjaga keselamatan para pengunjung, wisatawan tidak diperbolehkan berenang, karena ombak di pantai ini cukup besar. Tetapi, bagi Anda yang hobi surfing, Pantai Ngiroboyo adalah tempat yang menarik untuk menguji keberanian.

Anda tidak perlu merasa khawatir atau tidak nyaman di pantai ini. Beberapa fasilitas telah tersedia di Pantai Ngiroboyo, antara lain gardu pandang yang tak lain adalah tempat sempurna untu menyaksikan sunrise, MCK, penyewaan perahu, serta warung-warung kecil yang menyediakan makanan dan minuman. Jadi, jangan lupa kunjungi tempat ini saat Anda berlibur ke Pacitan, ya.